The Single Soul

,
Senin, 13 Januari 2004
Lajang dan Bahagia

"Aku bukan Bercerai Lalu Tenggelam.
Aku Dibebaskan, dan Akhirnya Muncul Mencari Udara."

Tulisan di atas, tertera pada salah satu kisah kehidupan para lajang dalam buku Chicken Soup for Single Soul, yang bejudul 'Selamat dari Kapal Karam' dari Cara Wilson.

Kisah hidup Cara Wilson memang ga seluruhnya sama dengan apa yang Na alami, tapi endingnya sama. Dia down setelah ditinggal suaminya dan bertahan untuk hidup, bahkan bangkit lagi dari keterpurukannya. Di akhir goresannya, dia menuliskan kalimat itu.

Buat Na, kalimat itu dalem maknanya. Kembali Na inget dan merasakan gimana hati Na begitu hancur saat ditinggalkan dan dikhianati. Lalu berupaya dengan bantuan Allah dan keluarga, kembali muncul kepermukaan. Hingga sekarang. This is I'm now :).

Na suka baca dan menghayati kisah2 manusia yang udah mau membagi ceritanya dan hikmah yang mereka dapet dari itu. Menurut Na, mereka itu manusia2 yang Allah beri rahmat. Amin..

Di buku Chicken Soup for Single Soul itu memuat kisah2 semangat orang2 lajang, baik lajang belum menikah, maupun yang sudah menikah dan sendiri lagi, juga menjadi orang tua tunggal. Ada juga semangat untuk kembali berkencan dan menemukan pasangan hidup. Bagus2 dan indah2.

Dibagian pertama, sharing dari orang 'Lajang dan Bahagia'. Salah satu cerita yang menyentuh adalah "Pelajaran dari Bibi Grace" tulisan Nardi Reeder Campion. Menceritakan bagaimana menjadi manusia yang berarti, baik untuk dirinya maupun orang lain selama kita hidup. Tak peduli kita lajang ataupun berkeluarga. Ada enam kaidah yang Bibi Grace jalankan selama hidupnya, 1) Melakukan sesuatu bagi orang lain, 2) Melakukan sesuatu bagi dirinya sendiri, 3) Melakukan sesuatu yang tidak ingin dilakukan tetapi perlu dilakukan, 4) Melakukan latihan jasmani, 5) Melakukan latihan mental dan 6) Menyusun sebuah doa asli yang senantiasa mencantumkn anugerah yang diterima. "Mekarlah di tempat kau ditanam," semboyan Bibi Grace.

Bagian kedua, menceritakan pengalaman mereka 'Berkencan' yang cukup unik. Ada Rosemary Laurey yang bercerita tentang 'malapetaka' kencan buta temannya, Anne, yang berubah menjadi keajaiban. Dibodohi cowok kencan butanya dengan ninggalin dia di rumah makan mewah yang makanannya belum dibayar, plus ngambil satu2nya uang yang dia bawa untuk ongkos taksinya, dengan pesan si cowok, "aku pinjam untuk beli bensin." Malu bercampur sedih, dan saat itu Anne berfikir harus rela cuci piring di restoran itu sebagai sanksi karena ga bayar plus jalan kaki pulang. Tapi keajaiban datang, sang pemilik restoran yang baik hati ga nuntut apa2 malah akhirnya mereka berdua jadi akrab dan menikah :).

Bagian ketiga lebih seru. Ada kisah2 curhatan orang2 yang 'Menemukan Pasangan'. Semuanya indah, menceritakan bagaimana mereka bertemu dengan sang arjuna, partner of their life. Ada Arnold Fine yang menuliskan kisah cinta pertemuan temannya David dengan pasangan hidupnya dalam 'Cara David dan Lily bertemu.' Bermula dari Lily, penjaga perpustakaan yang sangat mengagumi David dari jauh, dimana David yang seorang dokter baru lulus, sering ke perpustakaan itu. Hingga suatu saat Lily menemukan amplop yang beralamatkan rumah David, dan Lily yang tau alamat itu 'nekat' datang ke sana. Akhirnya mereka bertemu, dan David langsung ngajak Lily makan malam. Merekapun menikah. Serunya, setelah mereka menikah dan punya anak, David buka rahasia bahwa dulu sebenarnya ibunyalah yang punya ide untuk jatuhin amplop itu karena David sering curhat suka sekali dengan Lily yang pendiam, tapi ga tau gimana caranya mulai bicara. Skenario berjalan lancar seperti di atas. Tapi ternyata, Lily punya cerita lain. Katanya amplop itu ga dilem dan begitu dibuka, kertas di dalamnya kosong. Dan Lily pun bingung, tapi dia ikuti saja permainannya.

Trus Na bacanya agak ngelompat ke bagian 6, yaitu kisah2 orang2 yang 'Sendiri Lagi'. Soalnya klo baca Berkencan dan Menemukan Pasangan Hidup terus, malah bikin Na ngayal kemana-mana. Hehehe.. jadi maluw sendiri.
Dibagian ini ada Maggie Baxter dengan 'Hadiah Halilintar' yang membuat dia mengerti artinya hidup. Karena pada suatu ketika dimana semangat hidupnya kandas ditinggal suami dan harus membesarkan anaknya Kity, dia berhadapan dengan perjuangan untuk tetap hidup. Sewaktu dia menjalankan rutinitasnya lari sore hari, ada badai datang. Saking dahsyatnya badai itu, dia hampir tersambar halilintar. Tapi dia tetap bertahan dan bahkan merayap untuk bisa sampai di rumah yang malam itu anaknya Kity akan ulang tahun. Selamat sampai di rumah, Kity meluk dia dan bilang, "Bu, tepat sekarang ini hadiah ulang tahun terbaik yang dapat kumiliki adalah bahwa kau tetap hidup untuk merayakannya bersamaku." Dan diakhir tulisannya Maggie menulis, "Badai Halilintar merupakan cara yang tidak biasa untuk menjawab doaku-badai itu memberi hadiah Katy dan daya kemauan untuk hidup."

Bagian2 lain yang belum Na baca adalah, Membuat Perbedaan, Orangtua Tunggal, Kehilangan Pasangan Hidup, Kita Tidak Sendirian, juga Teman-teman dan Keluarga.

'Berbagi pengalaman dengan mereka yang punya pengalaman yang sama dengan anda akan membuat anda lebih mudah menghadapi situasi-situasi sulit dan menumbuhan lagi rasa percaya diri yang mungkin telah hilang. Juga tumbuhnya sebuah sudut pandang baru untuk melihat sisi-sisi baik kehidupan ini,' kata resensi buku ini.

Buat Na, Apapun yang terjadi, selama manusia masih percaya Allah dengan terus berpegang teguh dan berdoa kepada-Nya, sambil terus berupaya, Insya Allah ga ada halangan yang ga bisa dilalui. Karena Allah Maha Tahu, Maha Pengasih dan Maha Penyayang....

0 komentar to “The Single Soul”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates