Ciao.com: Cek Dulu Sebelum Memberi Rating

,
Saat menjelajah ciao, saya pernah mendapatkan lebih dari 7 member menulis review yang sama untuk salah satu product handphone. Siapa yang lebih dulu, siapa yang mengcopy? Saat itu saya mengirimkan privat messege pada salah satu member itu, memberitahukan kalau review-nya sama dengan member lainnya.

Tak disangka, review saya tentang "Crazy Plan for Halloween (Edgar & Ellen - Trick Or Twins)" telah dicopy sama persis oleh 10 member (http://www.ciao.com/Reviews/Edgar_Ellen_Trick_Or_Twins__15587744). Saya terkejut, tak percaya. Apalagi beberapa member telah memberikan rating dan komentarnya di review hasil copy-paste itu. Saya kecewa sekali.
Saya sempat mengirimkan kabar ini ke teman-teman ciao saya. Beberapa dari mereka menyarankan saya melaporkan info ini ke ciao, dan sudah saya lakukan. Tapi belum ada tindakan apapun dari ciao.

Saya pun terus mengamati setiap review baru yang ada di ciao. Saya perhatikan banyak sekali member baru setiap harinya dengan nama yang aneh. Kebanyakan dari mereka hanya sekali menulis review dan kesemuanya hasil copy-paste dari review member lain. Apakah ini seperti spammer?

Saran dari saya:
Sebelum kamu memberikan rating pada sebuah review, cek terlebih dahulu apakah review itu hasil copy-paste dari review product itu.

Caranya:
- setiap membaca sebuah review, ada tiga menu tab yaitu 'Compare Prise', 'Reviews (number)' dan 'Resource'. Klik dulu yang 'Reviews (number)' untuk melihat semua review yang pernah ditulis. Dari sana kamu bisa tahu jika ada review yang sama persis.
- lihat cara penulisan review, jika semua teks ditulis tanpa paragraph bisa dicurigai sebagai hasil copy-paste.

Memang akan sedikit merepotkan, tapi ini adalah suatu bentuk penghargaan bagi member lain yang benar-benar telah bersusah payah menulis review dan juga tidak membuang tenaga kita dengan memberikan rating serta komentar pada member yang curang atau spammer tersebut. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga membantu :)***

Tulisan di atas dalam bahasa Inggris ada di Ciao.com 2008 dan copy-nya di blog ini.

Belum jadi member Ciao.com? Buruan gabung di Ciao.com sekarang dengan klik banner di bawah ini. Trus temenan sama saya dengan user: d3ll4. Ditunggu :D


1 komentar:

  • 10:50 PM
    MUKIYO says:

    Kamu sudah banyak berbagi, semoga cepat kebagian kembaliannya, Ya? See You

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates