Comparedby.us: Pro dan Kontra

,

Sejak kehadirannya Desember 2008 lalu, Comparedby.us (CBU) langsung menyita banyak perhatian, terutama para reviewer pencari dolar. Bagaimana tidak, satu review yang dibuat dihargai $0.25-$1. Belum lagi insentif $1 untuk review pertama setiap produk dan bonus dari rating. Menggiurkan pastinya.

Siapa pro dan siapa kontra?
Tapi, sampai 20 Januari 2008 ini, terjadi pro-kontra antar member CBU. Banyak membernya yang mengecam CBU, bahkan mengecapnya sebagai website scam! Mereka yang kontra ini adalah para member yang merasa dikecewakan karena keanggotaannya dihapus dengan alasan reviewnya hasil copy-paste, padahal sudah menulis puluhan review dan earningnya mencapai $300. Atau member yang sudah naik tingkat tapi tidak bisa mendapat bayarannya karena ketentuan lain. Mereka ini menganggap segala peraturan CBU yang terus berubah itu adalah suatu cara agar CBU tidak membayar kerja review membernya.

Sedangkan mereka yang pro adalah member yang peringkatnya sudah paling tinggi (reviewer) dan sudah mendapatkan bayarannya sejak beberapa hari lalu. Meskipun ada yang sudah dibayar penuh dan ada yang baru separuh dari pendapatannya. Yang pasti member ini menganggap CBU bukanlah scam. Hanya karena masih versi beta, jadi sistem dan peraturannya masih terus diperbaiki. Mereka ini bertahan di CBU dan yakin CBU adalah tempat yang baik untuk member dengan kualitas review yang baik pula.

Sumber dari komentar2 member CBU di website CBU, review Ciao.com dan diskusi di Mylot.

Peraturan ketat yang terus berubah
Awal bergabung di CBU, saya belum memutuskan untuk menulis review, masih lihat-lihat dulu. Dua hari balik lagi, ternyata ada peraturan baru, "pendapatan dari rating ditiadakan" karena dianggap tidak fair dan jujur. Member banyak memberi rating hanya untuk dapat penghasilan, tanpa melihat baik atau tidaknya review.

Lalu saya mulai menulis review di katagori buku dan film. Tidak sekaligus, dan saya menulis berdasarkan pengalaman. Kebetulan buku dan film yang pernah saya baca dan tonton belum ada yang mereview. Dari 5 review, total saya mendapat $7.5. Lumayan kan? Tanggal 18 Januari 2009 lalu setelah setelah selesai posting review buku, saya baca pengumuman. Gubrak! peraturannya berubah lagi.
- insentif $1 untuk pertama menulis review setiap produk ditiadakan
- untuk review katagori buku, film dan musik diturunkan menjadi $0.25 baik yang extended ataupun quick review, per tanggal 16 Januari 2008.
- bonus dari referral ditiadakan
- member dengan status Rookie tidak bisa rekues pembayaran hingga review-nya dianggap lolos persyaratan admin dan dinyatakan naik peringkat ke Beginner.
- dan peraturan baru lainnya.

Tingkatan Member
- Rookie: semua member baru ada ditingkatan ini. Tahap uji-coba, menulis review tidak lebih dari 10 buah per bulan. Lalu akan ada penilaian dari tim CBU untuk menyatakan layak tidaknya si member naik peringkat berdasarkan kualitas review-nya itu.

- Beginner: tingkatan kedua dengan limit review sebanyak 25 buah per bulan. Jika layak, naik lagi ke peringkat selanjutnya.

- Reviewer: tingkatan paling tinggi dengan limit review 60 buah per bulan. Tingkatan ini member akan mendapatkan payment.

Source: Member Roles and Review Submission Limits

Antara pro dan kontra
Saya sendiri berada di tengah, antara pro dan kontra. Karena sangsi juga, bagaimana jika saya yang statusnya masih Rookie dan sudah menulis 10 review dengan susah payah, terus secara sepihak dinyatakan tidak layak, terus keanggotaan saya dihapus. Sia-sia banget.

Tapi disisi lain, saya menyadari CBU memang masih versi beta dan masih mencari bentuk yang pas dalam hal system dan peraturannya. Dan gebrakannya bisa dianggap baik dalam hal ketatnya peraturan yang berkenaan dengan kualitas review. Mungkin CBU ingin beda dengan Ciao.com yang saat ini marak dengan review hasil contekan, copy-paste dll.

Seorang teman saya di Ciao.com yang sudah mendapatkan bayaran dari CBU sebesar $47, mengatakan: "I got paid from CBU today, but they are having problems getting to everybody and so people are throwing a fit. It is a new site and they have to work problems out. They are not a scam, just not well organized right now. Please have patience."

Sabar, dan kita lihat saja nanti ya :D

0 komentar to “Comparedby.us: Pro dan Kontra”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates