Pensieve

,
geocitiesJ.K. Rowling sang pengarang cerita petualangan Harry Potter, menurut saya adalah sekian banyak pengarang fiksi yg memiliki imajinasi yang luar biasa. Para tokoh, tempat2, kegiatan2, hewan, tumbuhan dan istilah2 dunia sihir yg dia buat, sungguh kaya ide. Di antara itu semua, saya suka dgn oclumency, kamar kebutuhan, herbologi, dementor, dan pensieve.

Pensieve dalam cerita Harry Potter adalah sebuah baskom khusus sebagai tempat menaruh kenangan. Kenangan dikeluarkan dari kepala dgn tongkat sihir. Kenangan digambarkan berbentuk gas putih cerah memanjang. Di dalam baskom, gas putih cerah memanjang itu akan berputar tenang seperti putaran air yg konstan. Jika seseorang memasukkan kepalanya ke dalam pensieve, maka orang itu akan masuk dalam kenangan pemilik pensieve. Dapat melihat atau tepatnya berada dalam kejadian kenangan dgn jelas. Ada tapi tak terlihat.

Rowling menciptakan pensieve dalam dunia sihirnya karena byk sekali kenangan atau memori yg akan memenuhi otak seseorang. Dengan memindahkan kenangan2 itu, selain berguna untuk diri sendiri, juga bisa sebagai informasi sehingga dapat memecahkan misteri2 yg terjadi.

pro.corbis.comPensieve memang istilah dalam dunia sihir imajinasi Rowling. Tapi bukan berarti dalam dunia nyata juga tidak ada pensieve. Buku diary adalah 'pensieve' saya sejak kelas 1 SMA :). Saya masih menulis diary hingga skr. Meski tidak sesering dulu (tiap hari), tapi jika otak dan hati saya sedang byk memikirkan atau merasa suatu hal, maka saya butuh memindahkannya pd diary.

Seperti pensieve Rowling, 'pensieve' saya jg bisa membuat orang yg memasukinya dgn cara membaca, akan terbawa pd kenangan saya. Tapi saya seperti Profesor Snape, guru Harry Potter, yg akan marah sekali jika pensieve saya dilihat orang :D. Ya, tentu saja pensieve bersifat personal.

Dalam buku ke-6 Harry Potter and The Half-Blood Prince, ternyata kenangan juga bisa diutak-atik. Maksudnya, kadang manusia mencoba mengingkari sebuah kenangan dgn cara merubahnya dgn pemikiran yg ideal menurutnya. Kenangan yg buruk.. hm, siapa sih yg mau :(

Menurut blogger, apakah blog bisa jg disebut 'pensieve'? :D

0 komentar to “Pensieve”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates