Sambitan Meme

,
Melalui shoutbox 6/13/2005 1:38:47 AM, mba yanti ninggalin pesan:
"naaaa.. aku 'sambit' musical baton mau yah yah yah yah!"

Saya jadi ingat pernah baca tentang sambit musical baton di blog Maknyak bbrp hari lalu. Semula saya kira, istilah tadi berhubungan dengan siaran di radio internet #4US. Karena skr saya yg dapet sambitan, saya jadi penasaran :D.

Ide Siapa?

Setelah baca postingan musical baton di blog mba Yanti, Wendy dan Retno, saya manggut2. Seru juga model posting berantai seperti ini. Menjawab empat pertanyaan tentang music, lalu melempar pertanyaan yg sama ke lima teman blogger. Begitu seterusnya.

Tadinya saya mau langsung posting jawabannya. Cuma.. rasa keingintahuan saya terusik *cieh!. Siapa yg pertama kali bikin ide spt ini di dunia blog. Akhirnya, Pelacakan jejak dimulai dengan browsing and browsing *fiuh!.

Dari Googel saya dapet data kalau postingan 'Musical Baton' selama bulan Mei 2005 mem-booming!. Liat keterangannya disini. Dan ya, posting ini dimulai dari blogger luar negeri.

Saya terus melakukan pelacakan, hingga berhenti di blog milik raptortheangel. Disitu dia menyatakan akhirnya dia memposting musical baton krn sudah tiga orang teman menyambitnya. Tapi tidak disebutkan siapa penyambit itu. Dan dia tidak menyambit ke teman lainnya dengan alasan musical baton ini sifatnya sukarela. Oya, istilah sambit untuk mereka adalah tag.

"I've been tagged by three people on this, I guess I should do it now.... Then tag five other people to see what they're listening to. (I'm not going to tag anyone, consider it voluntary)."

Meskipun dia tidak menyambit blogger lain, rupanya alfvaen dengan sukarela memposting musical baton di blognya. Dari sinilah, ide ini berlanjut.

Siapa memulai ide ini belum terjawab. Hanya saya jadi tahu bahwa nama posting berantai tentang music ini semula bukan 'musical baton' tapi 'music victim meme' (liat di blog 1istener). Nah, apaan lagi tuh :P. Seorang blogger bernama Senji di postingannya yg berjudul 'Musical Relay Race' menyebut kata 'a baton' sebagai ganti sebutan 'tag' tadi.

"Oh. I appear to have been given a baton. It's some kind of intricately carved neo-wood, with instructions in elvish telling me that I should answer the questions and then pass the baton on to five other people."


Pencarian berlanjut dgn kata kunci 'music meme'. Dari sini saya dapat blog 12thmaster, yang ternyata dialah (menurut saya) blogger pertama yg membuat ide posting berantai tentang music, dengan sebutan "High Fidelity Meme". Meski pertanyaan music yg dia buat sudah jauh berbeda dengan posting 'musical baton' yg sekarang.

Dia mendapat ide ini setelah (juga) dapat sambitan posting berantai dari rekannya. Yaitu posting tentang buku. Wahhhh!, makin seru!. Fakta ini sekaligus meng-cut ide saya, yang setelah melihat 'musical baton' pingin juga menyebarkan ide pertanyaan tentang buku :P.

Meme, Mind Virus?
'Book Meme' disebut demikian untuk postingan dengan pertanyaan seputar buku dan disambitkan ke sejumlah teman blogger. Saya coba menelusurinya berdasarkan tanggal posting untuk mengetahui kapan sebenarnya posting berantai atau juga disebut 'game ngeblog' ini berlangsung.

Didapat pada blog ini, sebuah posting berjudul 'Book Meme' tertanggal 14 Maret 2003 yg berisi 6 pertanyaan seputar buku. Dan posting ini tidak disambitkan ke blogger lain. Sama seperti 'Book Meme' yg ada di posting blog ini (24 April 2004) yg tidak menyambitkan ke blogger tertentu. 'Book Meme' terus bergulir dgn berbagai model pertanyaan, dan mulai ada sambitan ke blogger lain, yg semula tiga orang kemudian menjadi lima orang. Dan bisa jadi lebih, sesuka hati pengirimnya saja :D.

Lalu apa yg disebut 'meme' ini?. Saya sepakat dgn Andry, yg dalam postingannya berjudul Virus Akal Budi (Virus Of The Mind), dia mendefiniskan bahwa 'meme' berarti 'ide atau gagasan'. Kalau mau tau lebih jelasnya apa itu meme, bisa baca di wikipedia. Ada yg mau berbaik hati menterjemahkan dalam bahasa Indonesia? :D.

Kecepatan Sambitan Meme
Sanji dalam postingannya menyatakan 'game blog meme' ini seperti MLM alias Multi Level Marketing. Setuju? :P. Apapun, yg jelas meme memang seperti virus, menyebar dengan cepat. Tergantung dari keinginan blogger lain untuk mengikutinya.

Jason dalam postingan yg berjudul 'Baton Meme Madness' mengulas seberapa cepat 'musical baton' menyebar dalam dunia blog. Dia membuat cabang-cabang blog sebagai gambaran penyebaran meme ini dalam kurun waktu hanya dua hari. Wow!.

Saya jadi membayangkan, jika semua blogger Indonesia ikutan posting 'musical baton'. Seru pastinya, krn saya pribadi jadi pingin tau seberapa cepat dan luasnya sambitan meme dari saya berkembang. Tapi... apa ga jenuh ya, kalau setiap blogwalking pasti ada postingan 'musical baton' :).

Ada seorang blogger berkomentar begini:

There has been apparently a musical baton chain going around the blogging world - a meme speeding around this on-demand world of ours faster than a vicious high school rumor.

You can count me out. No, sir - nothing wrong with the harmless little chain, but I don’t like it when every single blog out there has the same freakin post. Give me my original content back, damn it.

Nothing against anyone who has passed it on, of course ;)


Ya, namanya juga game atau gagasan atau virus. Boleh ngikut, boleh ga. Boleh dipelihara, boleh dihapus. Asyik2 aja ya ga? :P. Apalagi klo lagi ga ada ide buat posting hehe...

My Musical Baton

Ok, saya menyambut sambitan 'musical baton' dari mba yanti. Tapi tidak menulis panjang lebar, krn udah di atas hihi.. Enggak juga, krn saya sudah pernah menulis tentang lagu-lagu kesukaan di Melodi Memori dan Melody Memory #2.

Mulai..!
1. Total besarnya kumpulan file musik (bisanya dalam format MP3) di komputer?
== Kompi kantor di ruang kerja ada dua. Kompi 1 sekitar 2GB, kompi 2 sekitar 4GB dan kompi di rumah cuma 500MB yg buat mp3. Di kompi rumah sedikit, krn klo nyetel lagu pake player CD :).

Jenis2 lagu yg dikoleksi mulai lagu2 barat evergreen sampe hits 2004. Indonesia mulai nostalgia sampe hits 2004 jg (lagu2 skr '2005' ga ngoleksi krn sering denger di radio ama tipi :P). Ada jg Nasyid (Rayhan dan Snada), Cirebonan, India, Dangdut, Korean (soundtrack sinetron)

2. CD/kaset yang terakhir dibeli?
== Hmm, lama ga beli krn emang ga suka beli. Yg beliin paling temen atau.. yaa gitu deh :P. Ok, yg dibeli sendiri terakhir CD Audio Shania Twain (skt 1 thn lalu) trus kaset India (skt 3 thn lalu)

3. Lagu yang sedang diputar sekarang ini?

== Terakhir tadi pagi, muter evergreen barat. Hello - Lionel Richi.

4. Lima lagu yang sering diputar atau memiliki makna tertentu bagi yang bersangkutan?
== - MLTR -> I'm gonna be arround
- Sheila Madjid -> Kumohon
- Joey M -> Stay the Same
- Shania Twain -> From This Moments
- Rayhan -> Demi Masa

5. Lima orang yang menerima lemparan baton berikutnya?
== Hayo yg belum dpt sambitan ngacuuung! hehe.. atau saya menyambit semua blogger Indonesia! Biar sekalian :P. Yo wes, inilah mereka yg saya sambit. Yg ikhlas ya hehe..
- Linda (Nice Green)
- Vi3 (Simply Blue)
- Mba Syl (Nan&May)
- Isna (Part of My Life)
- dQ (Delta Kirana)

Bagaimana, mau coba buat 'game blog meme' yg baru? :D.

0 komentar to “Sambitan Meme”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates