Pesona Cirebon

,
Beberapa kali melewati Cirebon dalam setiap perjalanan ke Solo, Na ga pernah dapet bayangan bagaimana kota tersebut. Yg Na tau Cirebon gampang cari terasi :P. Sampai Na punya boss dan temen seruangan kantor orang Cirebon dgn logat yg khas, dan slalu cerita kotanya itu, Na jd penasaran. Dan rasa penasaran itu terjawab waktu Na dan teman2 kantor nganter boss dan keluarganya pindah ke Cirebon bulan lalu. Terhitung, sudah dua kali Na ke Cirebon, dan itu membuat Na ketagihan :).

Kota Cirebon ternyata mirip dgn kota Solo. Tenang dan khas jawanya sangat kental. Meski untuk Kota Cirebon sudah berbaur dgn budaya sunda Jawa Baratnya. Masih byk bangunan kuno peninggalan Belanda yg tetap dirawat dan dipakai baik untuk pemerintah daerah, perkantoran ataupun rumah2 penduduk. Suasana jalan raya terkesan teratur, dan becak masih menjadi transportasi yg murah dan menyenangkan dimanapun.

Seperti juga Solo, kota Cirebon banyak terdapat hotel. Mulai dari model penginapan sederhana sampai hotel berbintang. Kata Ary yg lahir di Cirebon, hal itu krn kota Cirebon sering dijadikan tempat transit untuk wisatawan juga orang2 dlm perjalanan sebelum ke Jawa Tengah. Atau wisatawan yg memang khusus ke Cirebon krn banyak obyek wisata disana.

Di Kota Cirebon terdapat tiga keraton, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Cirebonan. Dlm kunjungan pertama Na ke kota ini, Na ga bisa mampir ke satupun keraton itu, krn hanya punya waktu berkeliling melihat kota Cirebon di malam hari. Dan saat malam ketiga keraton ini tutup, pun keadaannya tidak bisa terlihat jelas, krn penerangannya sangat minim.

Saat jalan2 malam hari itu, Ary bawa Na dan teman2 ke arah timur Kota Cirebon, tepatnya daerah Ciperna. Ke dataran yg lebih tinggi, spt daerah Lembang Bandung. Masuk ke suatu restoran terbuka dan surprisenya, disitu kita bisa melihat kota Cirebon waktu malam. Sama klo perjalanan ke Solo melewati Kota Semarang. Dalam keadaan gelap terlihat taburan lampu2 kota yg berpendar-pendar, dgn semilir angin malam yg sejuk, musik yg lembut, menikmati minuman hangat dan jagung bakar!.

Soal makanan Cirebon punya byk makanan khas yg simple tapi enak bgt. Ada Tahu Gejrot, Sega Jamblang, Nasi Lengko dan segala macam makanan kecil yg berbunyi 'kriiuukkk!'. Krupuk kulit, emping dgn segala rasa, peyek, krupuk warna-warni dsb, bisa jadi oleh2 yg unik, dan bisa didapatkan dgn harga yg murah di Pasar Pagi yg letaknya di pusat kota.

Dan kemarin Na seneng krn ngerasain manisan pala yg enak bgt, teh seduh yg rasanya khas dll. Itu semua oleh2 khas Cirebon dari Pribagus.. Thx ya Gus ;) Batik Cirebonnya bikin rebutan lho hehe..

1 komentar:

  • 3:54 PM
    deni says:

    wah.. jadi pengen pulang. dah lama aku ga pulang kampung nih.

    "sego jamblang" ya? wah.. aku lahir di desa jamblang :)

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates