Tentang Ayam

,
'Jelang Siang' sebuah tayangan di TransTV, Sabtu (5/2) kemarin, memuat liputan tentang ayam. Apa sih yang menarik membicarakan ayam?. Toh hampir semua orang pasti tahu. Tapi, liputan ayam di Jelang Siang kemarin menjadi sangat menarik menurut Na, karena dibahas dari tiga sisi hal yg berkenaan dengan ayam.

Hobby
Pernah mendengar atau tahu tentang ayam serama?. Mungkin masih banyak yg belum. Ayam serama adalah ayam kate' (kate'=cebol=kerdil) asal Malaysia. Ini adalah salah satu jenis ayam langka, hasil dari beberapa kali persilangan yang akhirnya mendapatkan jenis ayam dengan ukuran tubuh mungil (beratnya tidak lebih 500gr) dan memiliki bulu lebih indah. Terutama yang jantan (jago) dgn jengger juga bulu yg berwarna-warni. Seperti ayam hias.

Dalam liputan Jelang Siang disebutkan kalau perawatannya tidak sulit. Yang penting kebersihan terjaga dan makanannya hanya campuran bekatul dan pur (makanan hewan). Karena unik, sudah banyak orang yang tertarik memelihara ayam serama ini. Mengenai harga, berkisar antara Rp.100rb sampai Rp.1jt. Harganya akan semakin mahal jika ayam serama memiliki buntut berdiri tegak dan ukuran tubuhnya lebih mungil.

Menu
Ayam goreng, ayam panggang, ayam bakar, ayam rica-rica, botok ayam dan sebagainya. Makanan olahan dari ayam memang banyak jenisnya dan semua mengundang selera. Salah satu menu olahan ayam yg penjualnya menjamur adalah ayam goreng tepung yg ngetrend disebut 'fried chicken'. Jelang Siang meliput mulai dari restoran siap saji sekelas KFC sampai pedangang gerobak. Tinggal pilih yg sesuai lidah dan kantong :P. Ga ada bosennya makan ayam :D.

Profesi
Pekerjaan apa yg berhubungan dengan ayam?. Salah satunya adalah tukang jagal atau dikenal sebagai tukang menyembelih dan potong ayam. Profesi yg sepintas ga menarik dan berdarah-darah ini ternyata bisa menjadi sumber nafkah yg sangat lumayan. Dlm Jelang Siang itu ditampilkan sosok seorang nenek (lupa namanya) yg sudah sejak 1958 menekuni profesi algojo ayam ini. Kesepuluh anaknya Ia ditularkan kepandaian menyembelih dan memotong ayam, yg akhirnya masing2 sudah memiliki pasar sendiri. Salah seorang anaknya menuturkan dari pekerjaannya itu Ia dan keluarganya bisa memiliki rumah, kendaraan hingga berangkat haji.

0 komentar to “Tentang Ayam”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates