Warna

,
Tulisan kali ini membuktikan bahwa seorang Na kadang tidak focus dalam mengerjakan sesuatu. Suatu kelemahan diri yg kadang kala ada bagusnya juga.. lho?. Jadi begini, sejak seminggu lalu Na punya kerjaan (niat sendiri sih) mo ganti design web yg Na dan temen2 kelola krn mulai tahun depan ganti MoU. Tapi Na bingung bin resah sama pemilihan warna webnya. Kayaknya udah dicoba byk kombinasi tapi ngerasa lom pas. Mungkin otak Na lagi jenuh aja.

Sampai akhirnya hari ini Na cari artikel ttg 'color scheme' bahkan nyari perpaduan warna secara online. Nemu dua website, yg pertama ColorMatch.dk yg bisa bantu ngasih hasil kombinasi 6 warna dari warna dasar yg kita pilih. Yg kedua wellstyled.com, lebih lengkap nampilin kombinasi warna2 mulai monokromatik, contrast sampe analogic dalam warna default, pastel hingga pale. Kuduanya bisa dijalankan secara offline.

Terus terang selama ini Na menentukan pilihan warna dlm mendesain hanya berdasarkan cita rasa sendiri, 'enak dipandang' tanpa teori, tanpa makna. Tapi rupanya, menset warna dlm desain ada ilmunya. "Untuk mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda." tulis artikel di www.toekangweb.or.id. Disitu juga dijelaskan makna dari bbrp warna, baik arti global sampai arti menurut budaya atau negara tertentu. Beda negara bisa beda dlm mengartikan suatu warna.

Pikiran Na trus berjalan, pingin tau arti warna sesungguhnya dan kenapa warna punya peranan yg cukup penting dalam desain. Menurut Andi S. Boediman seorang penulis buku Photoshop Special F/X, Warna adalah salah satu elemen yang paling kuat untuk di-recall karena warna sangatlah emosional daripada bentuk. Oleh karena itu gunakan warna sebagai atribut yang paling awal untuk didefinisikan. (posting di www.antiklimaks.com).

Lebih menarik lagi, "Warna adalah jiwa desain. Warna menciptakan kesan mendalam dan mudah tertangkap mata. Warna juga bisa mempengaruhi suasana hati manusia dan menciptakan suasana ruang, apakah tenang atau menggugah, aktif atau pasif, ceria atau sedih, maskulin atau feminin. Warna pun dapat dimanfaatkan untuk menipu mata, apakah luas atau sempit, tinggi atau rendah, dekat atau jauh. Warna juga dapat digunakan untuk menutupi proporsi yang kurang bagus." (dikutip dari artikel grya di www.suarakarya-online.com).

Lalu Na jadi pingin tau lebih, bagaimana manusia bisa mengenal dan melihat warna?. Mulai ga fokus sama kerjaan kan? :D. Ini berarti, waktu online jalan terus hehe. Browsing and searching. Kali ini Na dapat "Cita Rasa Seni Warna Ilahi" tulisan Harun Yahya. Bersyukur bisa didownload. Bisa jadi bacaan yg bermanfaat, Insya Allah :).

"Sebagian besar orang mungkin tidak pernah berpikir tentang betapa beraneka warnanya dunia tempat hidup mereka atau bertanya-tanya dalam hati bagaimana warna yang beraneka ragam itu ada di bumi ini. Mungkin mereka juga tidak pernah berpikir seperti apa jadinya jika ada sebuah dunia tanpa warna. Hal ini disebabkan karena setiap orang yang dapat melihat dilahirkan ke dalam dunia yang penuh warna." (Harun Yahya).

0 komentar to “Warna”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates