Dengki, Iri Hati, Kompetisi

,
Dua orang manusia seprofesi yg bersahabat dekat. Udin dan Midun. Seiring sejalan, melalui suka dan duka. Seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit Udin mendapatkan banyak nikmat, harta dan kedudukan. Nikmat yg Udin raih tak lain karena ilmu yg dimiliki dan kerja kerasnya lebih dari Midun, sahabatnya. Dan tentu saja Allah sudah berkehendak, diberinya nikmat untuk Udin atas jerih payahnya selama ini. Sebagai sahabat, penerima nikmat, Udin pun selalu berbagi kepada Midun. Tak ada yg berubah.

Hingga suatu saat, Udin mendapat musibah profesi dan butuh bantuan Midun. Tapi Midun tak datang menolong, justru ia menjauh. Udin berjuang sendiri. Dan sejak musibah itu, Midun mulai jalan bersebrangan dengan Udin, bahkan terang2an bersama teman2nya yg lain menohok Udin, membuat laporan menjerumuskan ke atasan. Udin mendapat "warning" dan harus pindah tugas. Udin pasrah dan instrospeksi diri. Tapi Udin tetap tak mengerti mengapa sahabatnya Midun berbuat setega itu kepadanya.

****

Dengki atau hasad adalah apabila kita merasa sangat tidak suka jika seseorang memperoleh nikmat. Dan kita berusaha keras agar nikmat itu hilang darinya dan kita yg memperolehnya. Hukumnya dosa!.

Iri Hati atau ghibtah adalah jika kita tidak benci apalagi menginginkan nikmat yg didapat seseorang hilang darinya, hanya saja sebagai manusia biasa kita juga pingin agar memiliki nikmat yg sama. Walaupun tidak dosa, tapi klo dipelihara sifat ini bisa jadi penyakit hati.

Kompetisi atau munaafasah adalah jika kita juga ingin mendapatkan nikmat yg sama dengan seseorang yg lalu kita upayakan dengan bersaing secara sehat. Sikap ini lebih diharapkan, meskipun tetap harus juga punya jiwa sportif.

Sumber : Bahaya Hasad dan Cara Mengubatinya

****

Na lagi sedih, krn ilustrasi Udin dan Midun di atas sedang menimpa orang yg Na kagumi dan hormati. Semoga Allah memberikan kesabaran dan limpahan pahala yg lebih baik pada bapak, dan orang2 yg mendengki bapak dibukakan hatinya untuk taubat. Amin...

Nabi SAW, sabdanya: Janganlah kamu saling membenci, dan janganlah kamu saling memutuskan silaturrahim, dan janganlah kamu saling berdengkian (hasad), dan janganlah kamu saling membelakang (tidak berteguran), jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. (H.R Bukhari dan Muslim)

0 komentar to “Dengki, Iri Hati, Kompetisi”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates