Munggahan

,
Insya Allah Jumat (15/10) esok, bagi ummat muslim tanah air adalah hari pertama puasa bulan Ramadhan. Ini berarti nanti malam akan dimulai sholat tarawih dan makan sahur yg pertama.

Masing2 ummat mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan kali ini. Mulai persiapan secara lahir juga batin. Misalnya aja Na sendiri, bersilaturahmi dengan keluarga, saudara, juga teman2, baik lewat telpon, sms, blog :D atau berkunjung langsung. Saling memaafkan dan berdoa untuk kelancaran dan keberkahan Ramadhan tahun ini. Amin :)

Istilah persiapan menyambut Ramadhan di kota Na tinggal, Serang, adalah "Munggahan". Na ga tau sejarahnya mengapa ada istilah spt itu. Kata Munggahan sendiri berasal dari bahasa jawa Serang 'Munggah' yg artinya 'Naik'. Dan untuk masyarakat asli disini, saat Munggahan mereka akan masak lebih banyak seperti ketupat dan makanan khas lainnya, lalu dibawa ke Mesjid untuk disantap bersama-sama. Setelahnya dilanjutkan dengan doa-doa hingga tiba waktunya sholat tarawih. Makanan selebihnya, disantap saat sahur pertama.

Untuk persiapan itu, maka pasar2 tradisional atau supermarket terlihat ramai hari ini. Para ibu dibuat sibuk memasak yg lain dari biasanya menyambut sahur pertama. Di Mesjid2 juga mulai terlihat kesibukan para pengurusnya yg membersihkan, menggelar karpet di luar mesjid kalau2 jamaah berlimpah saat minggu pertama Ramadhan :D, mengatur jadwal imam dan ceramah setiap malamnya dll.

Na dan kakak ce yg bagian 'dapur umum' sepakat masak tempe oseng sandung lamur yg resepnya ada di Tabloid Nove minggu ini. Kayaknya yummy dan simple aja. Ga tau deh besok, sahur kedua dst, mungkin mie instant atau telor goreng? hehe.

Cerita Kopdar
Kemarin Rabu, sekitar jam 13.00 wib, Na jadi ketemuan sama Aal (sori ga pake dokumentasi :D). Cowo yg baru tiga bulan punya blog ini critanya ambil cuti dan pulang ke Serang dari tempat kerjanya di Maluku. Aal memang tinggal lama di Serang, walaupun kampung halamannya di Sumatera sana. Saat ketemuan itu Aal ditemani kawannya Adho.

Padahal blum lama Na ama Aal saling kenalan lewat blog dan krn kebetulan dia cuti pulang, begitu ketemuan kesannya kayak kawan lama aja. Atau sok akrab kita berdua ya Al :P. Tapi menurut Na itulah hebatnya weblog. Lewat tulisan di blognya, berasa kita kenal lebih jauh sama seseorang dari hanya sekedar chatting. Dan bahan obrolanpun lebih banyak. Dari cerita tentang tulisan masing2, sejarah ngeblog, bahkan ngerumpiin temen2 blog lainnya, terutama 'emosi jiwa' fans club (Rio, Wisa, Doel, Gusye, Adhy, Rommy juga Bowo) hehe.

Rencananya Aal balik ke Maluku ntar Jumat. So titi dj ya Al, makasih atas obrolan dan keramahannya, juga jus wortelnya :D. Insya Allah, ntar Lebaran klo balik liburan ke Serang, kita ketemuan lagi hehe.

0 komentar to “Munggahan”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates