Desain Web

,
from CorbisNa berfikir website seperti juga halnya majalah. Harus dibuat menarik, baik isi maupun desainnya. Semakin banyak gambar atau illustrasi akan semakin bagus. Semakin banyak animasi atau script2 cantik akan semakin wah. Semua dimasukin. Seru dan seneng bgt waktu website pertama diuji coba di kompi sendiri pake browser IE. Warna-warni, kelap-kelip. Tapi begitu diupload. Gubrakk!!. Bisa belanja dulu, baru websitenya kebuka :P.

Setelah tanya sana sini, baca ini itu plus coba gini gitu, baru deh sedikit ngeh. Ternyata mendesain website (media internet) beda banget sama mendesain majalah (media cetak). Dlm desain website, semua ukuran filenya diusahakan seminimal mungkin tapi tetep jaga kualitasnya, sedangkan dlm desain majalah, ga ada masalah dlm ukuran file krn kualitas gambar misalnya, haruslah prima.

Jadi menurut Na, mendesain web, juga termasuk di dalamnya membuat layout blog, punya keunikan dan tantangan tersendiri. Tidak cuma harus terlihat indah atau bagus, tapi banyak hal yg harus menjadi pertimbangan. Kenapa?. Karena website dilihat semua orang dengan media (browser) yg berbeda dan akses yg berbeda. Ga semua netter pakai IE, tapi juga Netscape, Opera dll. Aksesnya juga ga semua pakai kecepatan tinggi spt satelit atau ADSL, masih byk yg mengandalkan dial-up.

Maka pertimbangan terbesar membuat website, spt juga disarankan para pakar web designer adalah kecepatan akses website tersebut saat loading dan kenyamanan user berseluncur di dalamnya. Pertimbangan lainnya dalam mendesain website adalah Unik, Komposisi, Simple, Semiotik, Ergonomis, Fokus dan Konsisten. Uraian masing-masingnya bisa dibaca disini.

Apapun yg ingin ditampilkan dalam website, mesti dirancang seminimal mungkin dalam hal ukurannya (bukan dimensi). Baik gambar, animasi, script, tombol navigasi dan lainnya. Juga code2nya disesuaikan dgn bbrp browser yg byk digunakan. Memajang gambar yg besar misalnya, disiasati dgn membagi (slice) gambar tsb dalam ukuran2 tertentu, yg lalu digabungkan menggunakan table atau css.

Learning by doing, adalah cara yg paling handal jika blogger mulai ingin atau tertarik serius belajar membuat website. Spt yg Na lakukan untuk nambah ilmu adalah dgn mengcopy website2 hasil desain orang lain untuk dipelajari code2 dan strukturnya. Disamping mendalami ilmunya lewat buku2 dan artikel2 di internet. Trus satu lagi, jangan malu bertanya :D.

*****
Info Blogger
Ucapan Syukur dan Selamat atas kelahiran putri dari Pak Ozan dan keluarga. bernama Aisyah Khairani Fauzan

Kopi Darat
"Meet The President Blogger Family"
Sabtu, 11 September 2004
Waktu Makan Siang (12.00 WIB)
SCBD atau Kawasan Niaga Sudirman atau tepatnya di Kafe Tenda Semanggi (tempat masih bisa berubah)
Bloggers... Ikutan ya, pertemuan ini terbuka untuk umum :D

0 komentar to “Desain Web”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates