A Gift

,
Sekali dalam sebulan, seorang wanita akan mengalami suatu siklus yang dimulai dengan adanya interaksi hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar di bawah otak depan, hipothalamus dan indung telur. Akibat interaksi hormon itu lapisan sel rahim mulai berkembang dan menebal (lapisan ini berfungsi sebagai penyokong bagi janin yang sedang tumbuh jika terjadi kehamilan). Lalu hormon tadi memberi sinyal pada telur dalam indung telur untuk mulai berkembang. Tak lama setelah itu indung telur melepaskan satu sel telur yang kemudian bergerak menuju tuba falopi dan terus ke rahim.

Bila sel telur ini tidak dibuahi (tidak terjadi pembuahan) oleh sperma dengan berhubungan intim atau inseminasi buatan, maka lapisan di dinding rahim yang sudah berkembang dan menebal tadi mulai melepaskan diri dan beserta sel telur didalamnya akan  luruh dan dikeluarkan melalui vagina sebagai darah haid atau disebut juga menstruasi. Ini akan berlangsung antara 3 sampai 7 hari.

Siklus haid pada wanita biasanya terjadi 28 hari sekali atau berkisar antara 21 sampai 40 hari. Saat indung telur melepas sel telur menuju rahim, disebut sebagai masa subur atau dalam hitungan siklus haid adalah 14 hari (2 minggu) sebelum haid berikutnya.

Wanita akan mengalami siklus haid ini sejak usia pubertas, sekitar 10 - 16 tahun dan akan berhenti (menopause) saat usia 45 - 50 tahun. 'Datang bulan' pada wanita ini biasanya dibarengi dengan gejala-gejala yang kurang nyaman. Mulai masalah fisik seperti keram, nyeri di perut dan pinggang, sakit kepala, juga masalah phisikis seperti emosi yang berlebihan contohnya sensitif, depresi, gampang marah juga mudah menangis.

Keadaan haid pada wanita berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor seperti kesehatan, status nutrisi, emosi bahkan berat badan relatif terhadap tinggi badan.

Tapi apapun gejalanya, siklus haid ini dirancang Allah bagi wanita untuk memberi andil bagi proses reproduksi manusia. Ini adalah anugerah. Dimana seorang wanita bisa mengandung dalam perutnya cikal bakal manusia.

(dari berbagai sumber, termasuk pengalaman diri :D)

Curhat
Sudah empat hari Na ga di kantor. Lagi dapet tugas setting bbrp komputer di warnet milik bos. Kata bos, biar itu warnet miliknya, tapi pengelolaannya diserahkan sama anak buahnya, termasuk Na. Jadilah Na sama teman kerja lainnya disibukkan dgn itu.

Ngerasain juga sih, online terus tapi ga bisa berlaku semaunya spt biasanya, kayak browsing, posting, blogwalking juga ceting :D. Gemes bgt rasanya, misalnya online di YM cuma untuk cek software doang hehe.. Makanya kmrn, mungkin Na lupa, sekitar jam 11-an YM Na online di satu kompi padahal Na lagi sibuk di kompi laen. Pas sore, setelah selesai semuanya, dan niat online di YM udah ada bbrp offline messege. Maaf prens.. :).

Na kangen ama semuanya. Sama kompi Na di kantor, sama blog Na, sama cerita2 blogger. Byk ketinggalan cerita euy :). Dan hari ini udah Jumat lagi. Dah mo wiken lagi. So.. happy wiken for all of u.........

0 komentar to “A Gift”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates