Otak Kanan

,
Allah SWT menciptakan otak manusia begitu lengkap. Terbagi dua bagian, yaitu otak berfikir yang bisa disebut otak kiri, tempat mengenai apa-apa yang kita ketahui. Dan otak emosional yang juga disebut otak kanan, tempat tentang apa-apa yang kita rasakan. Dimana keduanya diusahakan berjalan seimbang dan selaras untuk menghasilkan suatu keputusan dan tindakan yang terbaik.

Dari buku berjudul Menjadi Enterpreuner Sukses tulisan Purdi E.Chandra dikatakan bahwa salah satu cara untuk mengefektifkan atau merangsang otak kanan adalah dengan:
  1. Dzikir dalam hati, yang dilakukan dimana dan kapan saja. Dzikir ini akan membuat sesuatu itu terjadi. Cara lain adalah dengan sholat Malam (Tahajjud) dan sholat Istikharah. Puasa juga dapat mencerdaskan otak kanan.
  2. Lebih banyak menyukai kegiatan atau hobi di alam terbuka, seperti: berenang, memancing, bersepeda, berjalan-jalan, lari-lari, berkemah atau hiking.
  3. Melatih diri untuk berfikir divergen/menyebar, loncat-loncat, bukan linier, berfikir yang aneh-aneh, dan suka humor. Sehingga akan lebih mudah menemukan ide-ide kreatif.
  4. Mengaktifkan alam bawah sadar, dengan latihan sederhana, misalnya: saat menerima pelajaran, mata kita terpejam atau mendengarkan radio sambil memejamkan mata. Tapi tidak tidur.

Jika mencerdaskan otak kanan, secara otomatis otak kiri akan semakin cerdas. tapi tidak berlaku sebaliknya, jika otak kiri yang dicerdaskan maka otak kanan tidak otomatis menjadi cerdas. Sebab, otak kanan berkaitan dengan munculnya gagasan-gagasan baru, gairah dan emosi.

0 komentar to “Otak Kanan”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates