Belajar Jadi Pemimpin

,
Mau jadi Pemimpin? Ga usah daftar Capres dan Cawapres. Udah telat lagi.. hehe. Tapi bisa test drive dulu lewat game PC. Kok bisa?

Cari game PC jenis simulasi yg gabungin strategi dan konstruksi, seperti SimCity3000, Chaesar III, Zeus atau Pharaoh. Dalam game2 jenis ini, kita akan diberi satu areal/daerah dan diserahkan sepenuhnya untuk mengembangkannya. Seru kan?. Jadi ga usah rebutan wilayah :D.

Dalam SimCity3000 yg settingnya masa kini misalnya, wilayah yg diberi boleh dipilih. Mau yg benar2 baru alias masih kosong, atau wilayah yg sudah jadi, contohnya kota Newyork dgn segala isinya. Selain itu, wilayah pilihan ini bisa terdiri dari daerah subur (pertanian dan perkebunan), perairan atau dataran biasa (tinggi atau rendah). Tentunya pilihan tadi punya kerumitan masing-masing dalam mengelolanya.

Infrastruktur adalah faktor penting dlm mengelola wilayah, seperti jalan untuk lalu lintas, sumber air dan instalasinya bahkan ketersediaan listrik sebagai sumber tenaga. Blum lagi fasilitas umum, seperti rumah sakit, sekolah dan universitas, kantor polisi sampai pemadam kebakaran harus ada. Untuk tata kota yg lebih rapih, perlu dibagi areal2 khusus untuk pembangunan pemukiman berdasarkan jenisnya (perumahan, kondominium, real estate), pertokoan dan industri. Keindahan juga jgn dilupakan, dgn diberi penghijauan berupa pohon2, taman, kolam dan lainnya.

Kelihatannya mudah ya. Trus tantangannya apa?. Ngatur dana!. Krn ada limitnya maka kita mesti pinter2 ngatur pengeluaran. Kita cuma dikasih sekian dolar uang untuk membangun dan mengelola itu semua. Mana cukup!. Jadi dana andalan pemasukan kas daerah adalah dari pajak. Itupun didapet setelah masuknya para imigran atau penduduk. Sedangkan penduduk dan investor masuk ke wilayah kita krn lengkapnya infrastruktur dan penataan kota tadi. Oya, hati-hati mengatur besarnya pajak. Terlalu tinggi untuk pajak industri misalnya, bisa2 investor kabur semua. Bingung kan? :D.

Tapi tenang aja. Sebagai Pemimpin, kita ga kerja sendirian kok. Kita dibantu para konsultan yg ahli dibidangnya. Misalnya, para insinyur yg ngerti bgt tentang tenaga listrik, prasarana jalan, juga seorang accountant untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran dana. Mereka2 ini yg akan memberikan masukan dan koreksi dari segala tindakan kita, Pemimpin. Input mereka itu bisa diterima atau diabaikan. Terserah kita, asal kita tau resiko yg diambil dari setiap keputusan.
Contoh kasusnya, sebut saja konsultan bidang kerjasama luar wilayah memberi saran bahwa wilayah tetangga ingin bekerja sama dgn membuang limbah industrinya ke wilayah kita, krn dianggap masih byk lahan kosong. Dia mengatakan kerja sama ini akan menambah kas daerah setiap bulannya sekian juta, misalnya. Menarik bukan?. Tapi tunggu dulu. Konsultan bidang lingkungan hidup menentang keras. Katanya hal ini akan mengakibatkan polusi di wilayah kita, lingkungan jadi tidak sehat dan masyarakat bakal protes keras. Nah lho...

Tantangan lainnya adalah kerusakan spt kebakaran, kejahatan dan bencana alam. Bisa saja sewaktu-waktu kota kita yg aman dan damai terkena angin puyuh atau kebakaran di suatu tempat. Ini perlu tindakan cepat dgn mengirim pemadam kebakaran, polisi dan tim medis.

Selain itu, perkembangan wilayah mesti dipantau terus. Setiap isu, input, berita, pembangunan bahkan keluhan warga yg disampaikan ga bisa diabaikan. Klo dilewat terus bisa2 ada masalah yg muncul kemudian hari. Akan ada laporan perbulannya. Dari sini kita sbg Pemimpin bisa tau apakah menurun atau menanjak perkembangan wilayah kita dan perlu melakukan tindakan2 untuk perkembangan selanjutnya. Klo bingung ga tau mesti gimana, tanya aja konsultan :D.

Dalam dunia nyata, menata dan mengembangkan suatu wilayah tentu lebih kompleks dan lebih sulit dari skenario game tadi. Tapi setidaknya, lewat game itu bisa didapat gambaran, ga gampang lho jadi Pemimpin :D. Tapi napa ya, byk orang berebut ingin kedudukan itu, seakan-akan melupakan beban yg harus ditanggungnya. Temen Na, maen game itu dlm tiga bulan (hitungan dlm game) perkembangannya, kotanya tinggal puing2 berserakan. Kebakaran total!. Dia ga bisa berbuat apa2 krn fasilitas pemadam kebakaran, rumah sakit dan kepolisian blum dibangun dan uangnya habis untuk bikin taman!. Huaaaa!. Klo Na lain lagi. Na buat areal industri lebih byk, dari industri ringan sampe berat. Walhasil, dlm jangka satu tahun, wilayah Na kena hujan asam :D.

Game lain spt Caesar III, Pharaoh dan Zeus beda lagi. Sama menjadi pemimpin suatu wilayah, tapi settingnya jaman baheula. Masih ada kaisar, upeti, perdagangan (trading), peperangan bahkan serbuan orang barbar!. Mungkin laen waktu Na bahas lebih detail :).

Satu aja saran Na, klo niat maen game model gini jgn maen di kantor pas jam kerja ya?. Knapa?, boleh dicoba dan nikmati hasilnya.. hehe.

So mau jadi Pemimpin Wilayah? Harus lulus dulu di game model gini. Lain lagi klo mau jadi Penguasa.... mmm, harus maen game apa ya? :D

0 komentar to “Belajar Jadi Pemimpin”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates