Trial and Error

,
Setiap perubahan memang membutuhkan pengorbanan. Meskipun perubahan itu dilakukan untuk kenyamanan dan agar menjadi lebih baik tentunya. Tapi kadang suatu hal diluar dugaan muncul, dan menghambat perubahan itu. Lalu haruskah perubahan itu disesali?. Kayaknya ga perlu. Justru dengan hambatan dari perubahan itu bisa membuat kita kaya pengalaman. Banyak pembelajaran yg bisa didapat dari perubahan. Siapkah melakukan perubahan? Maukah menjalani perubahan?.

Hardisk yg selama dua tahun menemani Na bekerja diganti dengan hardisk lain yg kapasitasnya lebih besar. Maksud hati sih, memang udah saatnya rehab krn kecepatan kerja hardisk lama itu udah ga optimal, krn seringnya install dan uninstall. Defrag, WinDoctor tiap bulan. Tapi tetep lelet. Mau kutak-kutik registry, ga sempet dan ga mampu :D. Kebetulan juga Atasan perlu hardisk untuk kompinya, yo wes hardisk yg lama itu dihibahkan ke sana dan Na mo pake hardisk slave yg selama ini jadi data. Proses transfer dan backup data, install dan setting ulang Windows juga software2 lain, sharing antar kompi dilakukan. Beres. No problem.

Dua hari berikutnya timbul masalah. Hardisk yg baru itu ngadat dgn mati secara tiba2. Coba di restrat, selalu masuk ke Safe Mode. Dicari masalahnya ga ketemu. Dicari lagi, disetting, dicoba dan diulang lagi ga ada perubahan. Ganti pake hardisk lain, sama aja. Mungkin masalah hardware, Na pikir. Nyerah!. Panggil 'Suhu'. Kak Dri, temen yg tekhnisi komputer dan byk ngajarin Na kutak-kutik kompi dateng.

Komputer klo ngadat sama aja kayak orang sakit. Mesti didiagnosa dulu sama sang 'Dokter' Komputer. Mulanya Kak Dri ngira ada masalah di memory, coba ganti memory tetep aja. Mungkin processor. Oh No!, jangan dong, Na melas. Pindahin hardisk bermasalah tadi ke kompi yg 'sehat' dan diinstal windows. Sami mawon. Nah lho, trus apa masalahnya?. "Kayak gini ga ada nih pelajarannya di kuliah komputer," kata Kak Dri. Saking tuh hardisk nekat bgt errornya. Sebenernya bisa aja pake cara pamungkas, itu hardisk di partisi ulang dan diformat, isi lagi. Tapi Na ngotot ga mau, wong data2 penting (update terbaru) masih disitu. Na salah juga sih, waktu hardisk itu masih berjalan manis, ga langsung Na backup datanya ke CD. Pede bgt klo ga ada masalah, gituwww :D.

Hardisk yg lama pun jadi sasaran try and error. Atasan di telp, klo hardisk itu mo dipake lagi dgn berbagai alasan demi kelancaran pekerjaan (hihi..). Setuju. Oke deh, partisi, format, dan isi. Lancar bo!!. Kak Dri bilang hardisk yg masalah tadi jadiin data aja. Trus dia pun pulang. Tinggal Na install lagi software2 yg diperluin. But o.. o... Masalah blum berakhir. LanCard ngadat. Kedeteksi tapi ga optimal (ada tanda serunya), ga bisa sharing ke kompi lain. Usb onboardnya ikutan ngambek. Setiap windows ngedeteksi, pasti booting ulang. Now what?. Udah jam tujuh malem. Pulang!. Padahal Na ga bisa tenang klo masalah blum selesai. Pengennya tuh kompi dibawa pulang dan dilanjutin kerja di rumah. Bawanya berat, distop satpam lagi ntar :D.

Pagi bgt ke kantor, dgn segudang rencana untuk kompi manisku :). Install ulang windowsnya, ganti LanCardnya. Windows lancar, LanCard yg baru dipasang ga ada drivernya, wong itu nyomot dari tumpukan LanCard lama. Sesak napas deh. Kerjaan byk lagi. Dalam keadaan hopeless , Na berdoa mohon bantuan. Berpikir jernih, tarik napas krn udah suntuk bgt. Trial and error dan ucapan bismillahirrohmaanirrohim Na pasang LanCard yg lama di slot yg berbeda. Booting ulang. Alhamdulillah, dgn manisnya LanCard itu ke deteksi dan sharingpun berjalan lancar.

Semuanya kembali spt semula. Puas bgt masalah bisa diselesaikan. Tapi kerjaan yg tertunda menunggu. Lembur ampe jam setengah delapan malem :(. Kapok sama perubahan Na?. Belum! :)

0 komentar to “Trial and Error”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates