Rahasia Steganografi

,
Sesuatu dikatakan rahasia, artinya hanya orang2 tertentu saja yg boleh mengetahuinya. Tidak untuk umum. Kenapa mesti rahasia?. Bisa saja krn sesuatu itu sangatlah penting dan jika umum tahu, banyak hal yg akan terjadi.

Di rubrik Know-How majalah PC Media 06/2004 kemarin, Na baca tentang Steganografi : Seni Menyembunyikan Informasi. Ini hal baru bagi Na. Informasi atau data rahasia dikirimkan melalui internet kepada orang yg dituju dan kalau orang lain dapet pesan rahasia itu, ga akan tau kalau ada pesan rahasia didalamnya. Seru kan? :).

Tentang Steganografi
Steganography adalah seni dan ilmu untuk menyembunyikan pesan dalam sebuah pesan. Di jaman dahulu diceritakan oleh Herodotus bahwa orang Yunani kuno menyembunyikan pesan dengan cara membuat tattoo di kepala pembawa berita yang dibotaki dan menunggu sampai rambutnya tumbuh. Tentunya cara ini tidak cocok untuk mengirimkan berita dengan cepat. Cara lain untuk menyembunyikan pesan adalah dengan menggunakan "invisible ink" (tinta yang tidak nampak). Tulisan yang ditulis dengan menggunakan invisible ink ini hanya dapat dibaca jika kertas tersebut di letakkan di atas lampu (atau diarahkan ke matahari). Ketika perang dunia pertama, orang Jerman menyembunyikan pesan dalam bentuk "microdot", yaitu titik-titik yang kecil. Agen dapat membuat foto kemudian mengecilkannya sampai sekecil titik di tulisan dalam buku. Buku ini kemudian bisa dibawa-bawa tanpa ada yang curiga bahwa tanda titik di dalam tulisan di buku itu berisi pesan ataupun gambar.

Dalam dunia teknologi yang moderen, pesan dapat disembunyikan di balik citra (image), misalnya. Pesan dapat dikodekan dalam low-order bit sehingga tidak terlalu mengganggu gambar (image) yang ditampilkan.
(http://ensiklomedia.insan.co.id/s/stegano.htm)

Pingin tau lebih jauh tentang Steganografi dan pingin bisa membuat pesan rahasia dgn steganografi?. Maaf, itu rahasia.. hehe. Ga ding. Na sempet search di google dan dapetin beberapa link yg menjelaskan lebih jauh teknik steganografi plus dapetin software2nya. Klo Na sih dah dapet softwarenya dari CD PC Media. Cuma blom nyoba, abis ga tau mo kirim pesan rahasia apa dan kirim ke siapa? :D.

* Steganografi
* Steganography, Sebuah Pendekatan Baru dalam Pengamanan Data
* Steganography - Jasakom
* Steganografi - Di balik gambarmu tersimpan rahasiaku
* Mengenal Enkripsi Dalam Komunikasi Internet - Pikiran Rakyat

2 komentar to “Rahasia Steganografi”

  • 11:40 AM
    Anonymous says:

    Mas.. salam kanl saya bowo. saya mahasiswa semster akhir .. Skripsi saya tentang steganografi, N klo bisa saya mau pinjem buku PC mediaNya serta software Nya.. soalNya saya udh cari ga ada2. or tolong PM saya.. tolong bgt bgt Urgen!! Makasih ..

    email : kitAro_kEns1n@yahoo.com

  • 12:15 PM
    YNa says:

    alo mas bowo,
    makasih sebelumnya dah mampir ke blog saya. wah, posting steganografi itu dah lama banget. saya cari dulu pc media dan softwarenya ya.. nanti saya kontak lagi

    oya, saya wanita dan udah jadi ibu skr :D

    salam
    yana

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates