Makin Personal dengan Avatar

,
Setiap buka window commenting system dari Haloscan sekarang ada tampilan baru!. Ga cuma id-nama, url atau isi komen seperti biasanya, tapi jg muncul picture ukuran imyut di samping isi komen. Foto diri, logo bahkan gambar-gambar lainnya. Lucu dan unik. Dan yg pasti, picture imyut tadi milik individu blogger yg komen. Terkesan makin personal.

Avatar dan Gravatar
Among people working on virtual reality and cyberspace interfaces, an avatar (sometimes AV or av) is an icon or representation of a user in a shared virtual reality. (Wikipedia)

An avatar is a picture that a person uses in a chat room to represent the character they play, or to represent themselves. Sometimes the images are real life pictures of the person. Sometimes they are pictures found on the world wide web.(Kassau_Info)

Avatar pertama kali biasa dipakai para cyber dalam forum2 diskusi juga chat room. Dan skr mulai digunakan pada media blog oleh para blogger. Intinya sama, represent the character atau identify yourself.

Lalu, apa Gravatar?
Globally recognized avatar kepanjangan dari Gravatar, yaitu suatu layangan atau fasilitas baru yg dapat menampilkan picture atau avatar setiap memberikan komen dari weblog satu ke weblog lain.

"Beberapa software blog udah bisa di pasang gravatar, seperti WP, MT, PM, Nucleus dll. Dan beberapa komenting sistem juga udah support gravatar, seperti Haloscan dan Blogkomm," jelas 15n41n1 di forum Blogfam dalam ruang Otak-atik Blog.

Jadi, gambar imyut di samping isi komen dari Haloscan berasal dari Gravatar ini. Tertarik? Ok, bahasan dilanjut :D.

Mudah dan Menyenangkan
Boleh dibilang, munculin avatar di komen system semacam Haloscan sangatlah mudah. Bikin image jpg, gif atau png yg disuka dgn ukuran sama sisi, misal 100x100 dsb. Trus login di Gravatar, up-load image tadi, ikutin prosedurnya, beres! :D.

Klo pingin lebih gampang lagi, cari gambar-gambar avatar yg free di internet, misalnya disini. Oya, untuk bisa tampil gambar imyut kita, pastikan selalu memakai email address yg sama pada login Gravatar.

"Kalau kamu kasih komen di blog orang, gravatar atau gambar yang sudah kamu upload di gravatar.com akan muncul, dengan catatan: kamu menuliskan emailmu (sesuai yang didaftarkan di gravatar.com)," kata Retno, jg dari forum Blogfam.

Ber-gravatar-ria yuk.. Qi dgn logo letter Q-nya, Vi3 dgn illustrasi wajah-nya, Vireli dgn close-up-nya. So apa gravatarmu? :D.

0 komentar to “Makin Personal dengan Avatar”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates