Tentang Bintang

,
Suasanan langit beberapa malam ini tertutup awan. Milyaran bintangpun tak bisa dilihat secara langsung keindahannnya. Hanya puluhan saja yg memiliki sinar terang dan ukuran besar terlihat di bagian langit sebelah barat. Proxima dan Alpha Centauri si bintang paling dekat Bumi. Betelguese atau Alpha Orionis sang bintang terbesar. Menakjubkan.

Bintang menghias angkasa. Dengan susunan berkelompok membentuk pola tertentu. Terdapat 88 rasi bintang. Merekapun bernama. Pegasus seluas 1121 derajat persegi, Draco dengan luas 1083 derajat persegi, Centaurus 1060 derajat persegi dan lainnya. Indah.

Bumi berada dalam satu susunan tata surya. Dalam gugusan galaksi bimasakti (milky way). Planet, satelit dan matahari. Berotasi dan berevolusi dengan teratur pada garis edarnya. Dihiasi kurang lebih 200 milyar bintang, asteroid dan meteor. Itu yg Na tau dari buku dan berita2.

Matahari, sang sumber energi, dinyatakan sebagai wujud bintang dalam jarak dekat. Satu bintang, matahari ini dikelilingi sembilan planet. Beberapa planet memiliki satelit, seperti bumi memiliki bulan. Baru2 ini ditemukan tata surya baru. yaitu sebuah planet yg kondisinya mirip dengan planet yupiter, mengedari satu bintang di rasi puppis. Mirip tata surya kita. Itu baru di galaksi bimasakti. Masih ada galaksi lain. Galaksi Andromeda adalah galaksi tetangga. Terdekat dengan galaksi bimasakti. Terbayangkah luasnya jagat raya ini?

Betapa kecilnya Na sebagai manusia dalam skenario penciptaan alam semesta beserta isinya. Betapa Maha sang Penciptanya...

Itulah mengapa Na suka melihat bintang di langit. Seperti kendali diri untuk mengingatkan keberadaan sang Pencipta. Keberadaan manusia...

Melihat bintang,
ditemukan keindahan
diserukan decak kagum
dilantunkan ungkapan syukur
disentuh relung hati..

0 komentar to “Tentang Bintang”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates