Blogger Family, "Kehangatan Sebuah Keluarga"

,
Para ibu berkumpul trus ngerumpi? itu biasa. Di warung, di tempat arisan dan tempat-tempat lain, kita biasa melihatnya. Tapi para ibu ngerumpi di dunia maya? (bukan 'dunia lain' lho), ini special. Apalagi kalau dari hasil rumpiannya itu bisa membuat suatu yang seru dan berguna, wah heboh bgt tuh. Bloggers pasti sudah tidak asing dgn suatu komunitas blogger yg bernama Blogger Family. Ngga nyangka kan kalau penggagas Blogger Family ini para ibu?. Mau tau asal muasalnya Blogger Family dibentuk dan siapa saja para 'ibu on the net' dibalik suksesnya komunitas ini?. Ulik terus tulisan ini.

Asal Muasal
Ide pembentukan Blogger Family yang disingkat BF ini dimunculkan pertama kali oleh seorang ibu pemilik www.berandarumahkita.com, tak lain adalah ibu Labibah atau dikenal dengan panggilan maknyak.

"BF adalah komunitas Blogger karena BF merupakan tempat para blogger Indonesia dengan segala umur berkumpul dan saling berbagi informasi dalam suasana yang hangat dan kekeluargaan," jelas maknyak.

Maknyak juga menceritakan bahwa ide membuat BF itu dimulai dari para 'emak' - sebutan maknyak untuk para ibu on the net - yang sering merasa terlalu 'tua' untuk bergabung di komunitas Blogger tapi aktif ngeblog dan byk inisiatif. Lalu mereka saling teriak di shoutbox blog masing2, juga chat di YahooMessenger untuk merumuskan bbrp ide yg muncul.

"Kemudian saya punya pikiran untuk membuat mailinglist. Di dukung oleh
tutup panci, seseorang, belalang, geboy, rieke, dan ielo, yang lalu mereka ini saya sebut Co-Founders, maka terciptalah mailinglist Blogger Family," kata ibu dua anak satu suami yg saat ini bermukim di Montreal, Canada ini.

Dari mailinglist itu, maknyak menuturkan beberapa membernya memberikan masukan positif, salah duanya (krn ada dua orang) Richoz yang mebuatkan banner BF sekarang ini dan bunbun yang memberikan ide untuk membuat forum BF.

Hingga saat ini, komunitas BF tergabung dalam bbrp media, yaitu mailinglist (http://groups.yahoo.com/group/bloggerfamily/), lalu forum BF http://forum.bloggerfamily.com), Friendster (bloggerfamily@yahoo.com) dan blog (http://www.blogfam.blogspot.com) yg para anggotanya dapat menyumbangkan tulisan apapun disana, walaupun blog ini masih bersifat sementara.

Dalam perkembangannya, forum Blogger Family inilah yang lebih dikenal para Blogger Indonesia. Buktinya pernah disebutkan dalam Tabloid PC Plus dan Majalah Komputer Aktif yang saat itu mengulas 'Dunia Weblog'.

Firtual Family
Seperti maknyak jelaskan kalau member BF tadinya hanya berisi para emak yang merasa terlalu tua untuk bergabung di komunitas blog yang ada dan ingin membentuk sebuah komunitas yang benar-benar pas dengan kadar kekeluargaannya. Namun setelah komunitas BF ini berusia empat bulan dan forumnya berjalan selama tiga bulan dengan jumlah anggota lebih dari 150 orang, ternyata yang bergabung di dalamnya tidak hanya para emak tadi.

"Toh sebuah keluarga tidak harus menjadi 'ayah atau ibu semua'. Sebuah keluarga memerlukan seorang anak, kaka, adik, tante, keponakan, om bahkan kakek dan nenek. Begitulah 'Blogger Family'," kata maknyak.

Ya, 150-an anggota di forum BF saat ini terdiri dari berbagai usia, status dan profesi bahkan berbagai benua! . "Dari anak sekolahan, pengajar, pustakawan, para penjaga dan pemilik warnet, orang kantoran, para 'IT' ers, sampai emak-emak fungky yang lambat laun pada melek 'hi tech' juga tinggal di berbagai benua; Asia, Australia, Eropa, Amerika bahkan Afrika," jelas maknyak yang ternyata ngocol ini.

Begitu istimewanya forum BF yang bernuansa biru lembut ini tidak terlepas dari atmosfir yang ditawarkan, yaitu "kehangatan sebuah keluarga", dimana semua membernya diperlakukan seperti keluarga. "Ada yang sedang bersedih ya kita hibur bareng2 ada yg sedang gembira ya kita selamatin bareng," kata maknyak.

Dapur sampai Teknologi
Keistimewaan lain yg dimiliki BF adalah bahan obrolan/diskusi yg ga ada abisnya. Liat aja di forumnya yg mengulas dari mulai masalah dapur sampai teknologi!. Gimana bisa?. Ga lain krn keanekaragaman status dan profesi membernya. Disini kita bisa melihat bahwa perbedaan itu bisa menjadi sesuatu yg bermanfaat dan indah tentunya (cieh!).

Dimulai dari bagian 'Serambi', berisi forum Pengumuman yg perlu dilihat para member begitu masuk forum BF, ada forum Perkenalan, Usul-usul dan Berbagi Suka dan Duka. Lebih Seru lagi bagian 'Ruang Keluarga' yg ngerumpiin Asih dan Asuh, Info Dapur, Cantik-Sehat-Modis dan Trendy, Kamar Tidur (aih!), Ngupi dan Ngurek juga Taman Para Jomblo.

Belum lagi bagian Ruang Diskusi dan Berbagi Informasi semisal Curhat, Dunia Buku, Dunia Kerja, Tempat Jualan bahkan Peta Perjalanan. Selain itu untuk urusan Otak-atik Blog, Teknologi Informasi dan Galeri Kreasi bisa nongkrongin bagian 'Bengkel Keluarga'. Dan yg mau bebas diskusiin apa aja bisa ke bagian 'Gudang Keluarga'. Lengkap!.

Disetiap bagian dan forum tadi terdapat bbrp topik yg dimunculkan para member untuk ditanggapi member lainnya. Contohnya aja vi3 salah seorang moderator yg pernah meminta pertimbangan tentang 'Long Distant Relationship (LDR)' dan byk mendapat tanggapan sbg bahan pertimbangan. Pokoknya seru!.

Kata Member
Beberapa blogger telah dengan senang hati menceritakan kesan2nya tentang BF setelah sekian lama tergabung di dalamnya.

Uyet bilang lewat forum BF bisa nambah ilmu. "Entah itu soal masak-memasak, Utak atik blog, teknologi informasi, banyak hal lah... saling tukar informasi. Tapi satu hal yang pasti, jadi nambah teman dan nambah wawasan," katanya yg pernah ikutan lomba masak tempe via forum BF ini.

Sedangkan danger nyinyi yg join forum BF sejak 19 Dec 2003 ini mengatakan, "Enak banget, topiknya ringan2. Gak musti tau script2 dan bahasa coding yg ruwet, tp bisa berperan serta di forum ini. Lambat laun malah jadi ngerti juga loh selak beluk blogger yg baik dari teman2 di sini, malah sekarang suka tanya2 yg jago2 script di sini, tambah ilmu deeeh," tuturnya.

Sa yg baru join sebulan lalu ikutan ngasih kesan yg katanya forum BF bisa terasa beda dgn forum lainnya adalah krn tiap anggota BF punya sebuah blog. "Dan ini, bagiku, sangat membantu melihat 'sosok' di balik tulisan yg ada. Jadi tidak hanya sebuah 'nick name' tapi kadang kita bisa memahami apa yg ditulisnya di forum lebih jauh karena ada blog yg sedikit banyak memberikan gambaran tentang 'siapa sih.. yg nulis'," jelasnya panjang lebar.

Member lain, Linda, lewat testimonial di friendster BF menyatakan rasa senangnya bisa bergabung di BF, krn info lengkap yg didapatnya. "This is my family in cyberworld. Blom pernah ketemu sama sebagian dari penduduknya. Informasinya lengkap bo. Dari blogging, resep masakan, curhat sampe cari kerjaan ada disini. Pokoknya aku seneng banget bisa bergabung di sini. Thanx all .. mwuaaah ;-)."

Lewat friendster juga, Ganda, menyatakan suka bgt BF krn member-nya yg lumayan open-minded krn sampai ada topik kasur segala. "Blogger Family, tempat kita semua menjalin kekeluargaan. Forum-nya ok punya. Mulai dari urusan dapur sampe film Semua Ada di Siniiii *tv show campur2*. Anggotanya, semuanya tulus menjalin persahabatan. Nggak ada jaim jaim-an, nggak ada tendensi pengelompokan, pokoe bhineka tunggal ika *maaf bukan mbak Ika Ray yah hehehe*, dari Sabang sampe Merauke dari New Zaeland sampai Alaska," katanya berpromosi.

Dan masih banyak lagi member lain yg menyatakan rasa suka citanya bergabung di BF.

Oya, sebelum tulisan ini berakhir, maknyak mengatakan bahwa rencananya BF akan mengadakan berbagai kegiatan spt, Portal BF, BF blog competetion award, pembuatan pernak pernik BF seperti topi, kaos, payung, pin, stiker, dll, seminar tentang weblog dan penerbitan resep2 dapur ala BF.

"Dan rencana jangka panjang BF akan membentuk semacam organisasi atau
semacam yayasan yg konsen terhadap anak2 dan perempuan," tambahnya.

Semoga semua rencanaya bisa sukses ya maknyak, yg tentunya diperlukan dukungan para member BF semuanya. So buat yg blum gabung di BF, tunggu apa lagi?. Ayo blogger Indonesia, gabung di Blogger Family! coz we're virtual family.. (ujung2nya promo juga.. hehe).

Thanks to : All of you in Blogger Family, muuaachhh! :D

0 komentar to “Blogger Family, "Kehangatan Sebuah Keluarga"”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates