Asterix Yang Meninabobokan

,
"Bayi Asterix" adalah komik Asterix ketiga yg Na pinjem dan baca dari perpus Prop. Banten. Di sana ada sekitar 17 judul komik Asterix yg lain. Na baca Asterix untuk relaks sebelum tidur, krn bbrp minggu ini kerjaan kantor lumayan byk dan butuh konsentrasi bgt. Sampai rumah aja, masih nerusin kerjaan. Berjam-jam di depan kompi. Kadang klo dah jenuh, bukannya kerja, di kompi malah maen game. Ngaco bgt deh!

Kembali ke Asterix, Na kenal cerita komik lucu yg satu ini sejak SD. Waktu itu, kakak co yg ketiga bikin bisnis kecil2an dgn buka Taman Bacaan. Koleksi jenis bukunya lumayan byk, dari komik silat, novel, buku cerita anak2 model Petruk-Gareng sampe HC Anderson. Ga aneh, Na jadi doyan baca dan knal cerita2 berbagai buku sampe skr. Salah satunya Asterix ini. Hanya waktu itu komik Asterix koleksi kakak terbatas, sekitar tiga buku aja.

Makanya, waktu liat di perpus ada komik Asterix, Na langsung ambil dan baca disana. Tapi krn ruang perpus yg terbatas dan penuhnya pengunjung, Na merasa ga nyaman. Di kanan Na baca buku sastra, sebelah kiri pegang buku Manajemen, depan Na serius baca Sosiolog, eh Na ketawa-ketiwi liat tingkah Obelix yg selalu merasa langsing :D.

Tentang Asterix
Disetiap komik Asterix yg Na pinjem, tertera sudah tujuh kali dicetak ulang sejak 1987 yg pertama sampai Mei 2000. Itu di Indonesia. Entah di negara lain, yg memang komik Asterix sudah terkenal di seluruh dunia. Sudah diterjemahkan ke dalam 79 bahasa!. Dan hingga saat ini terhitung ada 31 judul 'Kisah Petualangan Asterix'. Mulai 'Asterix The Gaul' (Astérix le Gaulois, 1961) sampai 'Asterix and Latraviata' (Astérix et Latraviata, 2001).

Na sempet cari via google artikel ttg Asterix ini, di antaranya Na dapet tulisan Koen Setyawan di Intisari edisi Maret 2001 yg judulnya 'Asterix, Pahlawan Galia'. Disitu byk diceritakan ttg duet pembuat cerita Asterix, yaitu Uderzo dan Goscinny yg dianggap sbg 'Pahlawan Komik' di negeri asalnya, Perancis.

Selain itu, kalau ingin dapet informasi lengkap ttg komik Asterix spt, sejarahnya, sinopsis, ke-31 judul Petualangan Asterix plus cover masing2, juga daftar bahasa2 yg menterjemahkan komik Asterix, termasuk Bahasa Indonesia lengkap dgn Penerbitnya. Situsnya http://www.asterix-obelix.nl/

Tentang penerjemah komik Asterix ke Bahasa Indonesia, bisa berkenalan dgn A. Rahartati Bambang Haryo sang 'Madame Asterix'. Dlm tulisan Utami Widowati di www.korantempo.com tahun 2002 dijelaskan, ternyata sang penerjemah ini kadang maen 'plesetan' dlm menerjemahkan cerita. Itu bisa menambah kocak isi cerita.

Ada juga tulisan yg seru dgn judul "Ketika Asterix ’Tergoda’ Kawin" dari Republika, Sabtu 10 Februari 2001. Krn memang, sejak awal tokoh Asterix dan sobatnya Obelix selalu hidup membujang. Ada bbrp tanggapan dari pecinta komik Asterix gimana klo seandainya kedua tokoh itu punya istri dan anak. Hmmm, seru jg kali ya...

Buat Na, cerita Asterix itu jadi bacaan ringan yg seger dan lucu. Bisa bikin fresh setelah seharian disibukkan pekerjaan kantor. Tidurpun jadi nyaman.. (kayak iklan obat tidur.. hehe).

0 komentar to “Asterix Yang Meninabobokan”

Post a Comment

You can choose 'Name/URL' if not a blogspot member. Thanks for your comment.

 

Sharing about Online Business Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates